Raudhah untaian taman surga



RAUDHAH
Adalah nama tempat yang ada didalam Masjid Nabawi, yaitu antara Makam Rasulullah SAW dan Mimbar. Luasnya sekitar 144 Ml yang sekarang ditandai dengan pilar-pilar berwarna putih, lantainya dihiasi permadani wool yang cantik dan unik. Raudhah juga disebut taman surga berdasarkan pada hadits Rasulullah SAW yang bunyinya;

"Diantara rumahku dan mimbarku adalah sebagian taman surga." (Muttafaqun 'Alaih)
Pengertian Raudhah sebagai 'taman surga' pada hadits di atas terdapat beberapa pendapat para ahli, antara lain adalah sebagai berikut :
     Bahwa Allah SWT menurunkan rahmatNya dan berbagai kebahagian di tempat itu, karena di tempat itu dilakukan dzikir dan ritual kepada Allah SWT, yang karenanya tentu saja dijanjikan surga.
     Tempat itu kelak setelah kiamat benar-benar akan dipindahkan oleh Allah 5WT ke surga, hingga ia menjadi bagian dari taman surga yang hakiki.
     Orang-orang yang pernah berdo'a di Raudhah akan melihatnya di surga,



LUAS RAUDHAH
Adalah 22 meter x 15 meter, yakni jarak antara rumah Rasulullah SAW dan mimbarnya kurang lebih 22 meter dan panjang ke belakang kurang lebih 15 meter.

TEMPAT MUSTAJAB
Raudhah adalah salah satu tempat yang makbul untuk berda'a, jika ingin shalat di Raudhah, jamaah harus bangun jam 3.00 pagi, tempat ini menjadi rebutan bagi kaum pria untuk shalat fardhu. Untuk wanita diberi kesempatan untuk shalat sunnah pada waktu shalat Dhuha sampai menjelang waktu shalat Dzuhur.

SHALAT DI RAUDHAH
Jama’ah pria yang ingin melaksanakan shalat Dzuhur dianjurkan untuk datang jam 11.00 siang, karena bertepatan waktu pemakaian tempat untuk wanita selesai dan sekat-sekat pemisah dibuka kembali.

TIANG -TIANG RAUDHAH
Raudhah memiliki 5 tiang penyangga dengan nama yang berbeda ;
     Tiang Siti Aisyah disebut dengan Usthuwaanah Aisyah terletak ditengah Raudhah, tiang ketiga dari mimbar dan dinding makam Rasulullah SAW.
     Tiang Taubah. Disebut dengan Usthuwaanah At Taubah, terletak antara tiang Aisyah dan tiang As Sarir (dinding makam Rasulullah SAW) dan dikenal dengan nama Tiang Abu Lubabah.
     Tiang As Sarir, kata as-sarir artinya 'tempat tidur' terletak sebelah Timur tiang Taubah, menempel dengan dinding makam Rasulullah SAW.
     Tiang Al Haras, tiang ini menempel pada dinding makam Rasulullah SAW, sebelah utara dari tiang As Sarir, sejarah tiang ini sebagai pos keamanan bagi Rasulullah SAW dan keluarganya. Surat Al Maidah ayat 67 menyatakan: "Allah memelihara engkau dari gangguan manusia".
     Tiang Al Wufud adalah tiang paling utara dari tiang As Sarir dan tiang Al Haras, tempat tiang ini berdiri dahulu untuk tempat Rasulullah SAW menerima tamu-tamu penting.